ANALISIS GAYA REM TROMOL
PADA MOTOR HONDA SUPRA X 100 cc
LAPORAN
PRAKTIKUM DESAIN ELEMEN MESIN 2
Diajukan
untuk menempuh salah satu syarat kelulusan
Mata
kuliah Desain Elemen Mesin 2
Oleh
ILYAS SUTISNA
NIM :
2111151012
JURUSAN
TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS
JENDERAL ACHMAD YANI
CIMAHI
2017
ANALISIS GAYA REM TROMOL
PADA MOTOR HONDA SUPRA X
Oleh
ILYAS SUTISNA
NIM : 2111151012
Jurusan
Teknik Mesin
Universitas
Jenderal Achmad Yani
Tim
Pembimbing
Cimahi, Desember 2017
Mengetahui,
Koordinator Pembimbing
(War’an Rosihan,
ST,.MT.) (Aji Gumilar, ST., MT)
PADA MOTOR HONDA SUPRA X
ILYAS SUTISNA
Abstrak
Rem merupakan suatu elemen mesin
yang digunakan untuk menghentikan putaran poros, mengatur putaran poros dan
juga mencegah putaran yang tidak dikehendaki. Dalam proses pengereman, rem
menyerap energi kinetik dari elemen yang bergerak. Energi diserap dalam bentuk
panas dan panas ini lalu dilepaskan, sehingga panas yang berlebihan tidak
terjadi.
Kapasitas pengereman
bergantung pada beberapa factor yaitu tekanan pada permukaan sepatu rem,
koefisien gesekan dan kapasitas radiasi panas dari rem. Faktor-faktor ini harus
dipenuhi oleh bahan gesek yang mempunyai sifat koefisien yang tinggi dan
merata, daya tahan terhadap suhu yang tinggi, kekenyalan yang baik dan
ketahanan yang tinggi terhadap keausan, goresan, penggumpalan. Bahan benda
gesek yang umumnya digunakan pada rem tromol adalah asbestos dan ferrrado.
Kata
kunci : Analisa,
rem tromol
The brakes are an engine element
used to stop the rotation of the shaft, adjusting the spindle rotation and also
preventing unwanted spin. In the braking process, the brake absorbs the kinetic
energy of the moving element. Energy is absorbed in the form of heat and heat
is then released, so that excessive heat does not occur.
Braking capacity depends on several
factors: pressure on the surface of the brake shoe, the coefficient of friction
and the heat radiation capacity of the brake. These factors must be satisfied
by friction materials that have high coefficient and flatten properties, high
temperature resistance, good resilience and high resistance to wear, scratches,
clumping. Friction material commonly used in tromol brakes are asbestos and
ferrrado.
Keywords:
Analysis, drum brake
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis sampaikan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya
penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum dengan judul Analisis Gaya Rem Tromol Pada Motor Honda Supra X. Laporan ini
disusun untuk menempuh salah satu syarat kelulusan mata kuliah Desain Elemen Mesin
II. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada :
1.
Bapak Aji Gumilar, ST,. MT., selaku dosen pembimbing dalam penyusunan laporan ini.
2.
Bapak War’an Rosihan, ST,. MT. selaku koordinator praktikum
matakuliah Desain Elemen Mesin
II.
3.
Orangtua penulis yang telah
memberi dukungan moral dan materi dalam penyusunan laporan ini.
4.
Teman-teman dan orang yang penulis
sayangi yang telah memberi dukungan dan masukan untuk penyusunan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih terdapat
kesalahan dan kekurangannya. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca untuk kesempurnaan
tulisan ini pada masa yang akan datang. Semoga laporan ini bermanfaat bagi
kita.
Cimahi, Desember 2017
Penulis
(Ilyas Sutisna)
DAFTAR ISI
3.2. データ収集
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Gambar Teknik
Komponen Rem
Lampiran 2 Foto dokumen buku bimbingan.
Lampiran 3 Foto Kegiatan Pengukuran Komponen
Lampiran 2 Foto dokumen buku bimbingan.
Lampiran 3 Foto Kegiatan Pengukuran Komponen
1.PENDAHULUAN
1.1。Latar Belakang
二輪車は、部品数が1000を超える部品で構成されています。すべての仕事は相互に支持的で統合されているので、動きを生み出すことができます。設計者は、実際の機能、計画されたコンポーネントの安全係数、計画されたコンポーネントの材質、効率およびコスト要因を考慮して、多くのことを設計者が考慮する必要があります。
ここでは、ブレーキを動かす物体や軸を停止させるための装置について説明します。ブレーキは、摩擦中間体を有する回転軸の回転を停止または減速させるための有用なツールである。著者は、この機械要素の実習設計のタイトルとして「ホンダモーターでのトロムルブレーキスタイル解析」を取り上げます。
1.2。Tujuan
これらの機械要素のタスク実践設計の実装によって達成される目的は以下の通りである:
1.右のトレモール・シュー・ブレーキの回転を左に動かす力(f)を決定する。
2.発生する圧力を取得する
3.制動能力を得る。
ヒンジペンの反応を探します。
1.3。Ruang Lingkup Kajian
いくつかのタイプからなるブレーキの分布に基づいて議論されるべき問題は、
1.ドラムブレーキの作動原理
Tromolブレーキの計算からのサイズ。
3.調査/測定結果に基づくサイズの技術図面。
4.ブレーキの構成要素に生じる力および応力の計算トロモール
1.4。Sistematika Penulisan
この報告書の内容は次のとおりです。
第1章はじめに、(1)研究トピックと背景の説明、(2)目的、(3)研究の範囲、(4)体系的な報告書/
第2章第2章プラットフォーム理論は、思考の流れと学習の話題に関する知識の開発についての記述を含む。本質的には、(1)以前の研究者の結果に関連する研究者の研究結果、(2)その存在によって認識された理論からなる。理論文/数式を含む/画像/テーブルが別のソースから引用されているが[角括弧内のテーブルのセクション/文/式/画像タイトル/タイトルのタイトルで参考文献にライブラリーのシリアル番号を記載することによって説明されなければなりません...]を上付き文字で書く。
3.第III章舞台設計段階とデザインのトピックを取る学生のための説明を含む分析、および分析段階が含まれていると分析(ケーススタディ)のトピックを取る学生の説明について。
4.第IV章ディスカッション/分析には、計算、ディスカッション、および取られている問題に関する結果が含まれています。
5.第V章結論と提言は、議論の結論が取られる含まれ、結論の内容は、(結論が区間Iでの目的に答える)章のセクションでは、私の目的の答えであり、あなたの入力を向上させることができます提案が含まれているので、基準点になることができます関連するトピックを作成する次の著者のために
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